Saturday, March 9, 2013

Analisis SWOT Pepsodent dan Ciptadent

A. Brand Pepsodent
Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
Pada tahun 2006, Pepsodent telah meluncurkan dan meluncurkan kembali varian lengkap Pepsodent Barunya:
1. Pepsodent Complete 12, yang menawarkan manfaat yang lengkap dengan harga terjangkau. Menawarkan manfaat yang lebih banyak kepada para konsumennya sebagai bagian dari upayanya untuk mencapai misinya.
2. Pepsodent Sensitive, yang menawarkan bahan aktif yang menembus gigi untuk membebaskan rasa sakit akibat syaraf yang sensitif di dalam gigi dan gusi.
3. Pepsodent Fighter Toothbrush.
Dengan semua inovasi baru ini, Pepsodent mencakup seluruh jangkauan perawatan kesehatan mulut para konsumennya.
- Faktor Utama Pepsodent Menjadi Pilihan

• Pepsodent adalah merek terkemuka di sebagian besar negara Asia dengan Indonesia dan India sebagai pasar terbesar.
• Pada tahun 2005 Pepsodent merupakan satu-satunya merek pasta gigi yang diakui oleh FDI, Federasi Gigi Dunia, di samping asosiasi dokter gigi di dalam negeri.


- Strategi Penjualan

1. Program Sekolah Pepsodent dan Pemeriksaan Gigi Gratis
Pepsoden adalah satu-satunya merek pasta gigi di Indonesia yang benar-benar menjalankan misinya. Bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kesehatan Pemerintah Indonesia dan diakui oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), sejak tahun 1990an, Pepsodent telah menjalankan Program Sekolah yang hingga tahun 2006 telah menjangkau lebih dari 3,2 juta anak-anak berusia di bawah 12 tahun di seluruh Indonesia dan jumlah ini terus meningkat. Program ini meningkatkan kebiasaan menyikat gigi secara benar dan semenjak dini untuk mencegah masalah gigi khususnya gigi berlubang.
Pepsodent memahami bahwa banyak bagian di Indonesia yang mengalami masalah gigi dan juga dihadapkan pada masalah rendahnya jumlah dokter gigi dan jumlah penduduk itu sendiri. Itulah sebabnya mengapa program Pemeriksaan Gigi Gratis Pepsodent khusus dirancang untuk menjangkau orang-orang ini dengan memberikan perawatan dan pendidikan gigi gratis dengan cara yang menyenangkan dan memungkinkan untuk dilaksanakan dengan program ini, seluruh keluarga dapat memiliki kebiasaan kesehatan mulut dan gigi yang lebih baik. Ini juga merupakan usaha untuk mendorong rakyat Indonesia mengunjungi dokter gigi secara rutin sebagai bagian dari kebiasaan pencegahan gigi berlubang.
2. Kampanye Pepsodent Untuk Menyikat Gigi pada Malam Hari
Survei tentang kebiasaan dan sikap menunjukkan hanya sekitar 34% dari rakyat Indonesia yang menyikat gigi mereka sebelum tidur. Bahkan dari penelitian klinis ditemukan bahwa pada penghitungan bakteri di pagi hari jumlahnya berlipat ganda dua kali lebih cepat pada malam hari ketimbang pada waktu lain di siang hari. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan bakteri meningkat paling pesat selama malam hari dan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya lubang. Bukti yang ada dewasa ini juga mendukung menyikat gigi dengan pasta gigi berflorida sebelum tidur pada malam hari karena perlindungan tambahan yang diberikannya untuk waktu yang lebih lama pada malam hari.
Oleh karena itulah mengapa Pepsodent merasa perlu untuk menggunakan tema Menyikat Gigi pada Malam Hari sebagai kampanye kesehatannya untuk membuat orang Indonesia menyikat gigi mereka sebelum tidur pada malam hari sebagai bagian dari kebiasaan mencegah gigi berlubang.
Dalam pengembangan Pepsodent ini ada beberapa strategi pengembangan produk yang dilakukan Pepsodent yaitu Line Extension, Brand Extension, dan pengembangan multi brand.
Ø Line extention adalah mengembangkan item produk dengan kategori yang sama dengan menggunakan merek yang sama seperti rasa, bentuk, warna, dan kemasan.

Ø Brand extention adalah mengembangkan sebuah produk dengan kategori baru tetapi tetap merek yang sama. Dan ini dilakukan oleh pepsodent sewaktu meluncurkan sikat gigi. Sikat giginya praktis akan berhadapan langsung dengan merek Jordan, Oral-B, Formula, dan sebagainya. Hal ini memungkinan suatu merek akan kehilangan positioning, sehingga ada peluang besar untuk terjadinya Brand dilution, yakni konsumen tidak lagi memiliki preferensi terhadap produk yang dimiliki semula. Ini dapat membuka kesempatan emas bagi pesaing-pesaing yang tanggap dan lebih inovatif.

Ø Multi brand adalah strategi persaingan dengan menggunakan merek baru namun masih dalam kategori yang sama. Hal ini dengan manis dilakukan oleh pepsodent dengan meluncurkan Close-Up.

Iklan Pepsodent
Pepsodent megusung konsep keluarga. Tidak jarang iklan yang diluncurkan oleh Pepsodent kerap kali melibatkan sosok ayah dan anak ataupun ibu dan anak. Iklan Pepsodent mencoba mengajak publik untuk utamanya orang tua untuk memperhatikan kesehatan gigi anak. Anak pun dilibatkan langsung untuk mempraktekkan cara sikat gigi yang baik.




ANALISIS SWOT

Strength
 Brand pepsodent sudah lama di Indonesia sehingga sebagian besar orang sudah mengetahui kualitas dari pepsodent.
 Pepsodent memiliki banyak variasi, mulai dari Pepsodent untuk anak, whitening, herbal, hingga sensitive expert.
 Produk pepsodent mudah didapat karena dijual di supermarket dan minimarket di berbagai kota di Indonesia.
 Harganya pun relatif terjangkau.
 Pepsodent pun senantiasa bekerja sama dengan PDGI untuk mempromosikan brandnya.
Weakness
√ Promosi yang disuguhkan Pepsodent belakangan ini terlalu singkat.
√ Iklan Pepsodent secara bergantian hanya menampilan adegan menyikat gigi ataupun mengetes kekuatan gigi depan westafel dan cermin. Beberapa konsumen bosan dan tidak dapat membedakan iklan Pepsodent yang terdiri dari beberapa jenis.
√ Untuk iklan Pepsodent sensitive expert, terkesan meniru brand yang sudah lama mengusung dan mengincar pasar gigi sensitive.
Opportunities
☺ Masih tingginya tingkat penjualan dan loyalitas konsumen terhadap Pepsodent membuatnya lebih unggul.
Threats
 Ada banyaknya pesaing yang juga mulai berinovasi.


B. Brand Ciptadent
Ciptadent adalah pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Mengandung vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi. Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.

Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian Product Life Cycle strategi, Ciptadent juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnyaorang dewasa dan anak-anak.

Salah satu contoh penerapan strategi brand extention yang dilakukan oleh Ciptadent adalah sewaktu meluncurkan sikat gigi. Sikat giginya secara tidak langsung akan berhadapan dengan merek Jordan, Oral-B, Formula, Pepsodent dan sebagainya.

Bagi perusahaan terkait, penggunaan konsep ini dalam peluncuran produk baru jelas mengharapkan merek yang sudah terkenal dapat mendorong penjualan, sehingga consumen tidak merasa asing lagi dengan produk yang baru ditawarkan tersebut. Pertimbangan lain adalah bahwa perusahaan merasa bisa mendapatkan keuntungan dari adanya ikatan emosional yang telah terbentuk antara merek induk dengan perluasannya sehingga inventasi yang dibutuhkan untuk perluasan merek bisa lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan merek yang baru.

Namun, strategi brand extention juga membawa efek negatif dengan memungkinan suatu merek akan kehilangan positioning, sehingga ada peluang besar untuk terjadinya Brand dilution, yakni konsumen tidak lagi memiliki preferensi terhadap produk yang dimiliki semula atau dalam kata lain produk baru gagal dan mencederai penjualan yang sudah ada. Di mana ini dapat membuka kesempatan emas bagi pesaing-pesaing yang tanggap dan lebih inovatif.
Semakin luasnya pangsa pasar industri sikat gigi untuk terus mengembangkan segala aspek yang ditawarkan, tidak cukup dengan meningkatkan kualitas produk saja namun sikat gigi Ciptadent harus mampu memanjakan para konsumennya dengan menciptakan value yang lebih untuk mempertahankan para konsumennya dengan menawarkan kenyamanan dan manfaat yang sesuai dengan keinginan konsumen salah satunya dengan melakukan perluasan merek.
Pada suatu kondisi dapat saja produk baru yang menggunakan strategi perluasan merek gagal meningkatkan bahkan mempertahankan citranya. Hal ini disebabkan bahwa dengan dilakukannya strategi perluasan merek, maka akan muncul persepsi baru mengenai merek tersebut di benak konsumen. Hal ini menyebabkan strategi ini menjadi bias dan tidak focus dan produk tersebut kehilangtan positioningnya yang sudah ada, sehingga terjadi penurunan citra produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Sikap brand extention terhadap Citra Merek Pada Sikat Gigi Ciptadent.
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan sikat gigi merek Ciptadent. Sampel pada penelitian ini 105 pelanggan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SEM (Stuctural Equation Modeling) dan pembahasan hasil penelitian yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa Faktor Brand Knowledge tidak berpengaruh positif terhadap Faktor Brand Attitude, tidak dapat diterima. Faktor Quality Perception berpengaruh positif terhadap Faktor Brand Attitude, dapat diterima. Faktor Innovative berpengaruh positif terhadap Faktor Brand Attitude. Faktor Brand Attitude berpengaruh positif terhadap Faktor Brand Image, dapat diterima. Keywords : Sikap brand extention dan Citra Merek.
Salah satu strategi promosi Ciptadent juga dengan memberikan beasiswa kepada pelajar. Beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang masih duduk di bangku SD dan juga SMP. Ciptadent turut membantu anak bangsa yang kurang mampu untuk menelan pendidikan di bangku sekolah. Kampanye beasiswa ini mengajak kita untuk menggunakan Ciptadent dan menyisihkannya untuk beasiswa.
Iklan Ciptadent
Ciptadent baru-baru ini mengubah kemasannya menjadi lebih berkilau dan terkesan mewah dari sebelumnya. Ciptadent pun mengusung konsep iklan dengan gaya popular. Menggunakan seorang model cantik yang tampil sangat percaya diri dengan warna giginya yang putih dan bersih.

ANALISIS SWOT

Strength
 Brand Ciptadent kini hadir dengan kemasan yang mudah di ingat.
 Harganya pun relatif terjangkau.
 Ciptadent pun mulai berinovasi dan memperbanyak promosi di media.
Weakness
√ Promosi yang dihadirkan Ciptadent di media televisi tidak sebanyak iklan Pepsodent.
√ Iklan Ciptadent belum memiliki ciri khusus.
Opportunities
☺ Konsumen mulai beralih karena ketertarikannya terhadap kemasan baru Ciptadent.
Threads
 Di bandingkan Pepsodent, Ciptadent lebih ;ambat dalam mengeluarkan inovasi dan variasi terbarunya.

(sumber fakta : unilever)

0 komentar:

Post a Comment

 

Surat Untuk Hati Kecil Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template